cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Auladuna
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2016): June" : 5 Documents clear
PENGARUH PEMBINAAN AGAMA ORANG TUA TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK MI DDI CAMBALAGI KABUPATEN MAROS Eli Retnawati
Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 3 No 1 (2016): June
Publisher : Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makass

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakMendidik anak adalah kewajiban orang tua, dan memang dalam diri manusia ada naluri untuk mendidik dan mengasuh anak-anaknya dengan tulus dan penuh rasa kasih sayang. Karena itulah, maka setiap orang tua menghadapkan dan akan berusaha agar anaknya dapat tumbuh dan menjadi generasi yang berhasil dalam menjalani kehidupannya serta dapat berbakti kepada agama, nusa dan bangsa. Penelitian ini tergolong penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembinaan agama orang tua terhadap akhlak peserta didik MI DDI Cambalagi Kabupaten Maros. Desain penelitian yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Populasi penelitian berjumlah 40 orang yang tersebar pada dua kelas yaitu kelas III dan IV. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yang diperoleh dengan sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembinaan agama orang tua terhadap akhlak peserta didik MI DDI Cambalagi Kabupaten Maros.AbstractEducating children is an obligation of parents, and indeed in humans there is an instinct to educate and nurture their children with sincerity and affection. Therefore, every parent confronts and will try to make his son grow and become a successful generation in living his life and can devote to religion, nusa and nation. This research is classified as ex post facto research which aims to know the influence of religious guidance of parents to morality of students of MI DDI Cambalagi Maros Regency. The research design used is simple linear regression. The research population is 40 people spread in two classes, namely class III and IV. The sample of the study was 40 people obtained with saturated sampling. The results showed that there is influence of religious guidance of parents to morals learners MI DDI Cambalagi Maros regency.
PENDIDIKAN BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI DALAM POLA PENGASUHAN KELUARGA Usmadi Usmadi
Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 3 No 1 (2016): June
Publisher : Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makass

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPerkembangan ilmu dan teknologi serta tuntutan kehidupan masyarakat di abad 21 di era digital, menuntut adanya upaya perubahan yang mendayagunakan berbagai sumber daya dalam proses pembelajaran di keluarga.  Tujuan penelitian ini adalah menyiapkan generasi penerus yang sholih dan sholiah, generasi yang jauh dari penyakit masyarakat pada zaman ini. Peningkatan kemampuan orang tua (pendidik) dalam proses pendidikan di keluarga, membutuhkan suatu strategi agar seluruh komponen keluarga (Ayah, Ibu, dan anak-anak) terlibat di dalamnya. Berbagai langkah dan strategi pembaharuan yang dapat dilakukan di antaranya dapat ditempuh melalui pengkajian kembali aturan agama yang telah dihimpun dalam Alqur’an dan Hadits Rasulullah Muhammad Saw. Dalam makalah ini akan diuraikan aturan- aturan dalam agama yang perlu dikembangkan dan diamalkan dalam keluarga seorang muslim dengan harapan dapat mengantarkan orang tua menjadi sokoguru bagi putra-putrinya, sehingga pribadi orang tua tertangkap secara utuh oleh putra-putri mereka sebagai contoh tauladan dalam meniti kehidupan ini.AbstractThe development of science and technology and the demands of people's lives in the 21st century in the digital era, demands a change effort that utilizes various resources in the process of learning in the family. This research aims to preparing the next generation of sholih and sholiah, a generation away from the disease society today. Increasing the ability of parents (educators) in the process of education in the family, requires a strategy for all components of the family (Father, Mother, and children) involved in it. Various steps and renewal strategies that can be done among them can be pursued through the re-examination of religious rules that have been collected in the Qur'an and Hadith Rasulullah Muhammad Saw. In this paper we will describe the rules of religion that need to be developed and practiced in the family of a muslim in the hope of bringing parents into pillars for their sons and daughters, so that the parents' personalities are captured intact by their sons and daughters as exemplary models of life this.
PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD Hasrawati Hasrawati
Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 3 No 1 (2016): June
Publisher : Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makass

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini ber­tujuan untuk mengetahui bagaimana perangkat pem­be­la­jar­an tematik guru, mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tematik guru, mengetahui hambatan-hambatan apa yang ditemui guru dalam pembela­jar­an tematik dan bagaimana cara mengatasinya di SD Negeri 252 Sapiri Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah pene­litian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan daftar cheklist. Teknik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan pe­narikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perangkat pemebelajaran tematik guru diperlukan penguasaan materi dan persiapan dalam penyajiannya di kelas yaitu mem­­persiapkan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, buku siswa, media pembelajaran, dan tes hasil belajar. Mempersiapkan alat peraga yang sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar materi yang diajarkan, me­­­ngatur tempat dan memperkirakan waktu yang akan dipergunakan, serta me­ngadakan evaluasi sebagai penilaian akhir dalam proses pembelajaran.
KOMITMEN PROFESI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI KOTA MAKASSAR Wahyuddin Wahyuddin
Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 3 No 1 (2016): June
Publisher : Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makass

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini tergolong penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui komitmen profesi dan pengaruhnya terhadap kompetensi profesional guru pada madrasah tsanawiyah di kota makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Penelitian ini dilaksanakan seluruh Madrasah Tsanawiyah dalam lingkungan Kementerian Agama Kota Makassar. Populasi penelitian ini berjumlah 729 orang guru yang tersebar pada 34 madrasah Tsanawiyah di Kota Makassar. Sampel penelitian berjumlah 195 orang yang diperoleh dengan teknik proportionale random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru Madrasah Tsanawiyah dalam hal: komitmen profesi guru Madrasah Tsanawiyah di Kota Makassar pada umumnya berada pada kategori sedang, kompetensi profesional guru Madrasah Tsanawiyah di Kota Makassar pada umumnya berada pada kategori sedang, dan terdapat pengaruh positif komitmen profesi terhadap kompetensi profesional guru.AbstractThis research is classified as ex post facto research which aims to know the commitment of profession and its influence to professional competence of teacher at madrasah tsanawiyah in makassar city. The design used is simple linear regression. This research was carried out all Madrasah Tsanawiyah within the Ministry of Religious Affairs of Makassar City. The population of this study amounted to 729 teachers spread across 34 madrasah Tsanawiyah in Makassar City. The sample of research was 195 people obtained by proportionale random sampling technique. The results showed that the professionalism of Madrasah Tsanawiyah teachers in terms of: the professional commitment of Madrasah Tsanawiyah teachers in Makassar City is generally in the medium category, professional competence of Madrasah Tsanawiyah teachers in Makassar is generally in moderate category, and there is positive influence of professional commitment to teacher professional competence.
PENGARUH PEMBINAAN KEHIDUPAN BERAGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP SIKAP KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK SDN 74 TAMARELLANG Arham Arham
Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 3 No 1 (2016): June
Publisher : Department of Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makass

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui: bentuk pembinaan kehidupan beragama dalam keluarga peserta didik; sikap keberagamaan peserta didik; dan pengaruh bentuk pembinaan kehidupan beragama dalam keluarga terhadap sikap keberagamaan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan peserta didik SDN 74 yang berjumlah 151 peserta didik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang yang diperoleh dengan mengambil 20% dari jumlah keseluruhan peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket dan lembar dokumentasi. Hasil uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan bahwa pengaruh bentuk pembinaan kehidupan beragama dalam keluarga terhadap sikap keberagamaan peserta didik SDN 74 Tamarellang dikategorikan sangat kuat.  Sementara pada hasil uji signifikansi, diperoleh  nilai thitung  ttebel , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bentuk pembinaan kehidupan beragama dalam keluarga terhadap sikap keberagamaan peserta didik SDN 74 TamarellangAbstractThis research is an ex post facto research that aims to know: the form of fostering religious life in the family of learners; the religious attitudes of learners; and the influence of the form of fostering religious life in the family on the attitude of the learners. The type of research used is simple linear regression. The population in the study were all students of SDN 74, amounting to 151 students. The sample in this study amounted to 30 people obtained by taking 20% of the total number of learners. The research instrument used is questionnaire and documentation sheet. The result of Pearson Product Moment correlation test shows that the influence of the form of fostering religious life in the family towards the religious attitude of the students of SDN 74 Tamarellang is categorized as very strong. While on the results of significance test, obtained tcount> ttebel, it can be concluded that there is influence of the form of fostering religious life in the family against the attitudes of religious students SDN 74 Tamarellang.

Page 1 of 1 | Total Record : 5